Alasan WordPress Menjadi Platform CMS Bisnis Online

By | 1 January 2016

belajar wordpress

Seiring meningkatnya pengguna internet di Indonesia, bisnis online semakin diminati menjadi alternatif bisnis yang prospektif. Memiliki website dan toko online menjadi kebutuhan dasar bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya. Salah satu platform model website yang menjadi pilihan para pebisnis online adalah WordPress. Kenapa WordPress menjadi pilihan? Bak mutiara yang bersinar di dunia maya. Berikut alasan para webmaster dan pebisnis online memilih WorpPress sebagai mesin website atau toko online-nya.

1. Dukungan Teknis Berbasis Komunitas

Perusahaan internet open source yang digawangi oleh Matt Mullenweg sejak 2003 ini, telah berhasil memboomingkan sekaligus menabuh genderang internet sebagai media dan pemrogram industri di berbagai bidang, terutama bisnis online. Sejarah pemrograman WordPress merupakan titisan dari pendahulunya b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Seiring populernya nama Matt di belantika open source telah menyulap dunia blog menjadi arena bisnis untuk berebut posisi di halaman Google. Jika anda ingin mengenal lebih dekat tentang profil Matt (founder) WordPress, bisa tinjau lebih di artikel “Matt Mullenweg; Pendekar WordPress yang Genius.”

Dengan berbasis komunitas, alhasil terbentuklah komunitas WordPress di berbagai penjuru dunia, bahkan di Indonesia pun tak ketinggalan. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

2. Mendukung untuk SEO Google

Teknik Seo sudah menjadi mainstream dalam bisnis online. Seo adalah sebuah paduan antara teknik dan strategi menjadi nomor satu di halaman pencari (search engine). Dengan Seo, pemrograman algoritma yang dimiliki setiap mesin pencari dapat melacak link alamat sebuah website. Teknik dan strategi yang diterapkan para webmaster sangat beragam, karena mengandung unsur rahasia dan privasi data sebuah web.

Dalam dunia Seo, search engine yang saat ini menjadi terminal perebutan posisi dan ladang traffic adalah Google. Perusahaan raksasa Internet besutan Larry Page dan Sergey Brin ini telah dipercaya ribuan webmaster sebagai perusahaan yang mampu mengantarkan para pelaku bisnis untuk memudahkan dalam teknik marketing global.

Apa kaitan antara WordPress dan Google? Mudah untuk dipahami, bahwa wodpress adalah produk open source yang digerakkan oleh sekumpulan webmaster yang handal dan dipercaya kredibilitas dan sof skill-nya dalam pemrograman web. Sementara Google adalah industri internet yang menggerakan database dunia dan periklanan.

Secara lebih teknis, saat ini Google menjadi raksasa search engine. Bagi para pemiliki web dan webmaster terus berlomba untuk bagaimana merebut posisi nomor satu di halaman pencari search engine milik Google. Dan saat ini, WordPress satu-satunya komunitas open source yang berani memberikan jaminan akan kualitas Seo dalam pengembangannya.

Dus, bagi pemilik industri atau bisnis yang hendak memperkuat posisi marketing dan meningkatkan penjualan sudah selayaknya menggunakan WordPress untuk memulai mengokohkan brandmark-nya. Jangan ditunda, segera praktikkan!

3. Blog dan Website Dapat Terintegrasi

Ada yang secara ekstrem membedakan antara Blog dengan Website. Di sisi lain ada yang menyamakan bahwa Blog itu sama dengan Website. Disini saya tidak akan memperdebatkan persoalan ini. Hanya sedikit melakukan sintesa atas perbedaan yang ada. Perkembangan dunia web desain telah meng-evolusi WordPress menjadi sistem yang bersifat metaforma.

Ini dimaklumi, awal berdirinya WordPress adalah diperuntukkan bagi para Blogger, maka lahirlah WordPress.Com. Sementara perkembangan dunia IT menuntut para webmaster berkolaborasi dan berdedikasi untuk kebutuhan pasar, maka lahirlah WordPress.Org. Untuk memahami perbedaan antara WordPress.Com dan WordPress.Org bisa anda merujuk di artikel “Memahami Perbedaan WordPress.Com dan WordPress.Org” yang mengupas tentang fungsi dan tujuan masing-masing dalam eksistensinya di dunia website.

Kelebihan WordPress yang berani mengintegrasikan sistem Blog dan Website inilah menjadi salah satu faktor penentu banyaknya webmaster memilihnya sebagai platform web. Maka wajar majalah online sekelas CNN, Reuters, The New York Times, dan TechCrunch di Amerika menggunakan WordPress dalam publikasi jurnalistiknya.

4. Customible dan User Friendly

Tampilan (interface) WordPress yang sangat dinamis ini menjadikan CMS ini digadang-gadang para webmaster sebagai platform web unggulan. Secara teknis, tampilan fisik untuk admin sangat mudah dioperasikan dan mudah dipelajari bagi pemula. Terlebih lagi, dengan tersedianya bahasa lokal menyesuaikan wilayah negara manapun, agar pengguna WordPress lokal cepat mengoperasikan secara familier. Pengguna WordPress tidak dituntut untuk memahami bahasa pemrograman web, cukup customize dan sudah pasti user friendly.

5. Tersedianya Ribuan Plugin

Selain platform dasar berbasis Content Management Sistem (CMS), WordPress juga menyediakan ribuan Plugin untuk customize web. Plugin adalah aplikasi tambahan yang disediakan oleh WordPress untuk memperkuat performa dan interface blog/website. Penggunaan plugin pun sangat mudah dan user friendly. Plugin ini dikembangkan oleh para relawan yang sudah terlanjur cinta dengan WordPress. Dengan adanya plugin, para webmaster dan pemilik web tidak perlu menambah kesibukan melakukan setting pemrograman baru untuk mengokohkan web dan meningkatkan traffic, cukup customize dan optimasi.

6. Tersedianhya Upgrade Otomatis

Dalam dunia internet dan web desain problem keamanan sistem dan data (security) pastilah ada, karena ini sebanding dengan meningkatnya kejahatan di dunia maya. Dan patut dicermati, bahwa arena internet juga sudah menjadi arena perang antar cyber yang berdampak pada instabilitas jaringan dan pemilik web di seluruh dunia.

Oleh karenanya, WordPress sebagai mainstream open source telah mengedepankan otomatisasi Upgrade berkala jika terjadi kerusakan sistem dan resiko keamanan data pengguna. Sekali dan sesederhana tingkat kerusakan sistem yang dialami WordPress akan segera di-Upgrade oleh tim pengembang yang dipimpin Matt Mullenweg.

7. Desain Themes yang Dinamis dan Populer

Sifatnya yang open source, menjadikan WordPress dipandang sebelah mata oleh sebagian kecil webmaster. Ini dimaklumi, karena mereka memandang bahwa produk website hanya boleh dimiliki dunia industri berkelas dan bukan untuk industri kecil. Anggapan ini pun akhirnya menjadi pemicu WordPress untuk terus bereksistensi.

Salah satu eksistensi WordPress adalah hadirnya webmaster dan desainer web yang berdidikasi mengembangkan model-model themes WordPress secara sukarela dan menjadikannya sebagai industri sutudio website. Themes WordPress adalah model interface yang dinamis dan bersifat artistik dengan sentuhan image yang dinamis.

Sebut saja Handoko Tantra (@hanstantra) dengan produk themes-nya Goblog Themes, Moch Zamroni (@pakzam) dengan industri thems toko online berlabel Tokoko. Dua desainer web lokal Indonesia telah memprakarsai kehadiran themes lokal Indonesia yang mampu Go Internasional.

Industri themes WorPress inilah dunia lain yang mendapatkan keuntungan dari berlakukan sistem open source yang sportif.

Anda pemilik bisnis yang merindukan omset melimpah, patut memilih WordPress sebagai mesin web untuk memasarkan produk. Rasakan hebatnya platform WordPress, rasakan omset bisnis Anda melimpah.

Bongkar Rahasia Bisnis Online? Daftar Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *