Press "Enter" to skip to content

Cara Jujur Jago Jualan di Tokopedia

Miftahudin 0

Jualan adalah aktivitas bisnis yang menyenangkan bagi pelakunya. Dengan berjualan maka seseorang telah selangkah lebih maju menjalankan bisnis dan akan mendapatkan omzet secara mandiri, tidak bergantung dari gaji bulanan.

Perlu menjadi perhatian berjualan saat ini memang perlu ide kreatif, sehingga tidak terkesan memaksakan kehendak kepada calon konsumen.

Salah satu ide kreatif dalam jualan adalah dengan memanfaatkan media internet untuk mempromosikan sebuah produk.

Apalagi sekarang, hampir semua orang sudah terkoneksi internet melalui gadget mereka, dengan mengakses media sosial setiap harinya.

Kondisi inilah yang banyak dimanfaatkan para pebisnis untuk berjualan di media sosial.

Selain media sosial sebagai situs untuk berjualan, trend yang masih booming adalah dengan mamanfaatkan situs jual-beli, populer disebut “platform marketplace”.

Platform atau situs yang banyak dimanfaatkan berjual-beli yang sudah terkenal di Indonesia adalah situs Tokopedia. Situs ini telah menjadi raksasa industri e-commerce di Indonesia.

Pada tulisan ini, Anda akan berkenalan dengan Tokopedia secara mendalam bagaimana cara berjualan di situs Tokopedia. Yah.., dengan cara yang jujur

Apa Sih Tokopedia?

Jika Anda belum tahu apa itu Tokopedia, maka sungguh “kebangetan”. Tokopedia adalah situs jual-beli yang sudah sangat populer di Indonesia.

Usianya sudah lebih dari 10 tahun beroperasi melayani para pebisnis online dan pegiat belanja online Indonesia. Untuk menjadi seorang penjual di Tokopedia tidak ada syarat apapun, yang penting berani mencoba.

Sudah jutaan pebisnis online menghasilkan omzet dari berjualan di Tokopedia, bagaimana dengan Anda?

Pendafaran menjadi member Tokopedia, Anda cukup daftarkan nama lengkap dan alamat email. Kemudian jika Anda hendak berjualan tinggal buka fitur “Buka Toko” dalam satu menit Anda sudah bisa memiliki toko online secara gratis.

Mengingat jutaan pengunjung (traffic) situs Tokopedia dalam sehari, maka konsekuensinya adalah jualan di situs ini sangat ketat persaingannya.

Anda dituntut kreatif dan jujur dalam menampilkan produk yang Anda jual. Kejujuran adalah strategi yang sangat penting bagi penjual di Tokopedia.

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan agar bisa berjualan dengan cara yang jujur. Baca hingga selesai..

1. Pastikan Anda Punya Produk Sendiri

Ini adalah hal sangat istimewa bila Anda hendak memutuskan jualan di Tokopedia. Dengan memiliki stok produk sendiri, maka Anda sangat leluasa menjelaskan kepada konsumen.

Ingat, keberhasilan jualan online itu kuncinya di foto produk dan keterangan produknya. Gunakan bahasa yang simpel dan semenarik mungkin untuk menjelaskan keterangan produk, saat And promosi di Tokopedia.

Dengan memiliki stok produk sendiri, Anda sangat dimudahkan untuk update stok setiap harinya. Jutaan pengunjung Tokopedia itu sangat menyukai toko-toko supplier yang produknya “ready stock”.

Ketika produk ada dalam kendali langsung oleh Anda, maka pengemasan dan pengiriman barang akan terkontrol dengan baik.

2. Daftar Dengan Nama Akun Asli

Kejujuran sangat penting dalam bisnis, begitu juga dalam bisnis dengan memanfaatkan situs jual-beli Tokopedia.

Salah satu kejujuran jika Anda menjual produk di Tokopedia adalah dengan mendaftarkan akun Anda sesuai dengan identitas asli.

Meskipun Tokopedia mengijinkan Anda memiliki toko online (akun) lebih dari satu, alangkah baiknya gunakan nama sendiri atau nama-nama anggota keluar Anda.

Sepanjang pengalaman, saya sendiri memiliki lebih dari 3 akun di Tokopedia. Pembatasan terhadap akun jualan di Tokopedia adalah mutlak aturan Tokopedia.

Jika punya akun lebih dari 1, namun ada pembatasan terhadap penggunaan rekening untuk “payout” pembayaran (jika untuk penjual).

Satu rekening bank dibolehkan untuk maksimal 5 akun, selebihnya harus dengan rekening yang berbeda.

Rekening seorang penjual (pemilik akun Tokopedia) yang didaftarkan adalah bertujuan untuk melakukan pencairan dana hasil orderan yang sudah diterima oleh pembeli.

Biasanya dicairkan setelah pembeli menerima barang dan memberikan konfirmasi terima barang kepada Tokopedia.

3. Upload Foto Produk Dengan Banyak Angle (sisi)
Salah satu kelebihan Tokopedia adalah memberikan kesempatan kepada para penjual untuk mengupload maksimal 5 foto produk dalam satu item produk.

Jadi jangan sia-siakan fitur ini, sebelum melakukan upload foto sebaiknya Anda perlu kreatif melakukan pemotretan yang semenarik mungkin.

Lakukanlah pemotretan yang kreatif dan tidak perlu dengan kamera yang mahal, cukup dengan kamera HP berbasis Android.

Jika memotret dengan kamera DSLR lebih bagus lagi. Siapkan latar/background dan pencahayaan yang cerah untuk memotret produk yang akan dijual.

Potret produk dari berbagai sisi, termasuk bagian dalam produk jika produk tersebut ada bagian dalamnya. Pada intinya Anda menunjukkan bahwa foto yang diupload adalah benar-benar asli tanpa editan sedikitpun.

Untuk menjaga keaslian produk Anda, maka sebaiknya setelah sesi pemotretan dilanjutkan dengan sesi editing foto.

Editlah foto seperlunya saja, untuk menyesuaikan dimensi ukuran yang dibutuhkan. Cukup atur kontrasi warna saja (brighness), sehingga tidak mengurangi orisinalitas foto.

Dan yang paling penting adalah dalam foto cantumkan watermark teks, bisa dengan nama toko online Anda, bertujuan agar foto produk Anda tidak dicopypaste oleh pesaing.

Sudah banyak membuktikan bahwa semakin kreatif melakukan pemotretan yang benar, akan meningkatkan jumlah penjualan. Ini adalah strategi yang sangat penting agar toko online Anda mendapat banyak kunjungan.

Keasilian sebuah foto akan meningkatkan kepercayaan terhadap para konsumen. Jika produk yang Anda jual sama dengan kompetigtor, maka jangan sekali-kali copy paste dari mereka atau mencari foto secara random di mesin pencari, bahaya! Bisa kena gugat oleh pemilik foto.

4. Respons Dengan Cepat Pertanyaan Customer
Kebiasaan calon buyer yang akan order di Tokopedia adalah memastikan stok barang tersedia. Biasanya sebelum melakukan pembayaran, buyer menanyakan ketersediaan barang apakah ready atau kosong.

Nah.., respons penjual dituntut untuk secepat mungkin menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar produk yang akan dibeli buyer.

Jika penjual telah memastikan selalu ready stock dalam hal produk, maka ini menjadi nilai lebih baginya. Jika responnya cepat maka buyer percaya dan langsung bayar.

Jika barang kosong, jangan sia-siakan kesempatan ini dengan menawarkan produk lain sebagai penggantinya.

Semakin cepat respons customer service penjualan, maka semakin meningkatkan konversi penjualan.

Jadi pastikan jika Anda berjualan di marketplace, maka Anda wajib memasang aplikasi Tokopedia tersebut di gadget Anda dengan tujuan memantau apabila ada pengunjung yang menanyakan segala sesuatu tentang produk yang Anda jual.

Dengan memasang aplikasi Tokopedia, maka Anda secara real time bisa menerima setiap notifikasi (pemberitahuan) yang terjadi di akun toko online Anda.

5. Kirim Secepatnya Produk yang Diorder Pembeli

Ketika Anda mendapat notifikasi “pesanan baru” di aplikasi Tokopedia itu artinya ada orderan yang harus segera Anda proses, pembeli sudah membayar via rekening Tokopedia.

Jangan menunda-nunda pengiriman barang, karena akan berdampak buruk reputasi akun jualan Anda di Tokopedia.

Lakukan pengriman barang dengan jasa ekspedisi yang diminta pembeli, setelah Anda mengirim barang sesuai pesanan pembeli, segeralah masukan resi atau nomor seri ekspedisi di aplikasi Tokopedia.

Jika resi sudah dimasukkan, maka barang bisa dipantau oleh pembeli.

6. Berikan Ulasan Balik Kepada Pembeli

Jika barang sudah sampai, biasanya pembeli memberikan ulasan (review) terhadap barang yang diterima.

Jika barang sampai di tempat tepat waktu, kemudian kondisi barang sesuai dengan yang ada di gambar saat melakukan “checkout”, biasanya pembeli memberikan ulasan yang positif.

Setiap ulasan pembeli biasanya disediakan fitur rating yang ditandai dengan 5 icon bintang. Pembeli diberi kesempatan memberikan rating sesuai dengan tingkat kepuasan terhadap produk yang dibeli.

Jika puas dengan layanan dan produknya, pasti memberikan peringkat bintang 5 dalam ulasan tersebut.

Begitu juga sebaliknya, jika Anda sebagai penjual jangan lupa memberikan ulasan balik agar. Ini bertujuan agar pembeli juga merasa dihargai.

Ucapkan terima kasih dan berilah apresiasi positif semua ulasan pembeli. Jika ada pembeli ada yang merasa tidak puas dengan layanan, janganlah segan untuk meminta maaf sebagai masukan dan perbaikan layanannya.

Demikian tips tentang cara jujur jualan di Tokopedia. Semoga bisa dipraktekkan, jangan segan untuk bertanya di kolom komen. Akan saya jawab sesuai kemampuan dan pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *