Kunci Sukses & Bahagia; Jadilah Makelar Rezeki

By | 10 February 2016

kunci sukses
Manusia diciptakan oleh Allah Swt. dengan segala kesempurnaan yang luar biasa. Potensi kreatif manusia itulah secara lahiriah yang menjadi modal seseorang menikmati kesuksesannya. Proses menemukan jati diri kesuksesan pun beragam proses dan hasilnya.

Kita melihat, ada si Kaya ada si Miskin, ada Dermawan ada Kikirwan  (orang pelit), dan fenomena itu adalah fitrah dunia yang penuh keseimbangan. Banyak orang merasakan bahwa harta, tahta dan wanita (3Ta) adalah kebahagiaan hidup di dunia.

Bagaimana sebenarnya meraih kebahagiaan 3Ta di zaman yang semakin pragmatis seperti sekarang, di saat dunia penuh dengan persaingan dan moral mulai terpinggirkan.

Beruntunglah bagi orang yang pandai bersyukur atas kenikmatan dunia (harta, tahta, wanita), dan merugilah bagi orang yang belum atau tidak sadar melupakan “terima kasih” kepada sang pencipta yang mendatangkan harta, tahta, dan wanita (3Ta).

Bagaimana dengan kita? Apakah sudah merasakan puncak di antara 3Ta tersebut.

Berikut tips mewujudkan kebahagian dari 3Ta yang dimaksud. Dalam bukunya “Makelar Rezeki”, Jamil Azzaini, Bapak inspirator sukses mulia ini menasehati dan memotivasi kita semua, “Untuk mendapatkan kebahagiaan 3Ta, Jadilah Makelar Rezeki.”

Berperan menjadi makelar rezeki pada intinya adalah berjuang untuk kehidupan diri sekaligus berjuang untuk kehidupan orang lain (sesama). Pentingnya menjadi makelar rezeki adalah dapat menghidupkan bangsa yang beradab. Dalam hal ini seorang makelar rezeki ibarat menjadi magnet yang mampu menarik hal-hal positif

Setidaknya ada 4 keuntungan yang didapat, jika kita mulai niat dan menegaskan diri menjadi makelar rezeki. Keempat keuntungan tersebut adalah dapat membahagiakan, meningkatkan Intangible Asset, menjadi bekal kehidupan akhirat, dan dipermudah oleh alam.

Kita bahas satu persatu manfaat menjadi makelar rezeki … yuk baca terus …

Kebahagiaan Hidup

Mengenai kebahagiaan hidup, pakar psikologi Daniel Gilbert membedakan dua kebahagiaan, yakni kebahagiaan alami dan kebahagiaan sintesis. Kebahagiaan alami adalah apa yang secara spontan dirasakan saat kita mendapatkan apa yang diinginkan.

Sedangkan kebahagiaan sintesis adalah kebahagiaan yang sengaja kita pilih untuk kita pikirkan atau lakukan supaya bahagia. Intinya kebahagiaan alami itu terjadi diluar prediksi manusia, sedangkan kebahagiaan sintesis adalah bahagia yang sengaja kita ciptakan.

Simak seputar perlunya kebahagian sintesis, di posting “Piih mana? Kebahagiaan Alami atau Sintesis.

Menjadi makelar rezeki adalah memerantai orang untuk dapat menyelesaikan masalah mereka. Saat orang lain menemukan solusi atas permasalahan mereka, mereka akan bahagia. Kebahagiaan orang lain itu akan berdampak pada kebahagiaan kita sendiri.

Meningkatkan Intangible Asset

Intangible Asset adalah berhubungan dengan integritas diri yang dipersembahkan kepada orang lain. Dalam interaksi manusia erat hubungannya dengan reputasi diri.

Intangible Asset menjadi kekayaan yang tak terhingga nilainya, karena wujudnya adalah kebahagiaan diri hasil perilaku dan integritas. Bahkan intangible asset menjadi kekakayaan yang tak terlihat, dan ternyata harganya lebih mahal dibanding tangible asset (kekayaan yang tampak).

Jika kita berperan menjadi makelar rezeki, maka reputasi yang kita bangun, pelayanan terbaik kepada setiap orang yang membutuhkan, dan nilai-nilai personal yang berkarakter adalah menjadi tuntutan dasar kita. Dan jika kita menjadi makelar rezeki, maka intangibel asset akan terus meningkat.

Bekal Kehidupan Akhirat

Setidaknya kita bisa melihat “fenomena mudik lebaran” untuk memahami keuntungan makelar rezeki ini. Kalau kita mudik atau mengamati orang mudik, mestinya kita tahu apa yang diperlukan orang mudik.

Bagi yang bekalnya berlimpah, mereka bisa mudik dengan banyak pilihan moda transportasi, mobil pribadi, rental mobil, hingga menggunakan pesawat.

Akan tetapi, bagi mereka yang berbekal pas-pasan, pilihan moda transportasinya terbatas. Biasanya mereka menggunakan bus ekonomi, kereta ekonomi, atau sepeda motor sehingga waktu perjalanannya lebih lama dan harus berjibaku dengan kemacetan, panas, dan ketidanyamanan lainnya.

Hidup di dunia yang singkat ini sangat menentukan di mana tempat kita kelak di akhirat. Sudahkah kita membekali diri untuk mudik di kampung akhirat? Hanya iman dan amal saleh lah yang mampu mengantarkan kita kesana.

Amal saleh yang pahalanya terus mengalir hingga gari kiamat adalah amal yang melibatkan orang lain. Maka menjadi makelar rezeki adalah pilihan yang tepat.

Dipermudah oleh Alam

Jika menjadi makelar rezeki, berarti kita mempermudah urusan banyak orang sehingga urusan kita pun pasti akan dipermudah oleh alam. Hukum alam tak pernah ingkar janji dan berlaku pasti.

Sebaliknya, orang yang mempersulit hidup orang lain, maka kehidupannya akan dipersempit dan dipersulit oleh alam, seperti urusan rumah tangga yang tidak pernah tuntas, karir yang mentok, bisnis yang tersu-menerus bermasalah, dan hal-hal negatif lainnya.

Boleh jadi seseorang bahagia dan berlimpah harta, tetapi sebenarnya hatinya kosong, hidupnya hampa dan gelisah.

Demikianlah pilar penyangga kebahagiaan hidup buah dari peran kita menjadi makelar rezeki. Semoga Anda menjadi bagian dari makelar rezeki. Selamat berlomba-lomba dalam kebajikan.

Bongkar Rahasia Bisnis Online? Daftar Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *