Mapping Kemampuan Anda dengan 4 Tipe Pebisnis

By | 30 January 2016

start up

Dalam setiap kesempatan seminar atau webinar, sering muncul pertanyaan “untuk memulai Bisnis online itu harus dimulai dari mana?” Kebingungan seperti ini bisa dimaklumi, sebagaimana pernah juga disampaikan oleh eyang guru Intenet marketing, Pak Agus Piranhamas “Internet itu dunia maya, saking maya-nya maka kita sulit mencari benang merahnya untuk menemukan cara, maka diperlukan guru secara langsung.”

Baca juga : Passion Blogging dan Bisnis Online

Para praktisi bisnis online menjawab pertanyaan-pertanyaan fundamental tersebut, biasanya diwujudkan dalam sebuah buku atau ebook, kemudian mereka sharingkan kepada peserta seminar/webinar. Dan ada satu hal yang perlu menjadi perhatikan kamu untuk action memulainya wajib fokus dan tuntas untuk memahami ebook tersebut. Catat, ini kunci kesuksesan kamu berguru kepada para mastah internet marketing di bisnis online.

Untuk mengurai kebingungan memulai bisnis online, kamu perlu mencermati tentang potensi atau kemampuan diri kamu ada di mana, berikut peta kemampuan kamu yang dijabarkan dalam “4 Tipe Pebisnis” yang menjadi salah satu materi unggulan dalam mentoring Young Enterpreaneur Academy (YEA), sekolah enterpreaneur Indonesia. Gurunya adalah Jaya Setiabudi founder yukbisnis.com, gurunya para juragan Indonesia.

Berikut 4 tipe pebisnis ini penting agar kamu bisa memulai sesuatu, karena setiap orang memiliki ciri khas atau karakter masing-masing. 4 tipe pebisnis itu adalah :

1. Tipe Kontraktor

Orang yang fokus pada suatu bidang, mahir dan perpengalaman dan tipe ini adalah seseorang yang memiliki skill teknis bisa juga pemilik usaha/jasa.

Kontraktor ini bisa disebut sebagai : Distributor barang, Supplier untuk mereka yang ingin menjadi dropshiper/reseller barang. Bisa juga sebagai pengelola jasa, misalkan jasa penulis, jasa social media, dll.

2. Tipe Konseptor

Orang yang mempunyai ide dan pintar menghitung serta melihat peluang yang tidak dilihat orang biasa, tipe ini kadang kesulitan berbisnis karena kurang modal, atau menunggu kerja sama orang lain.

Konseptor ini bisa juga jasa konsultan, perencana keuangan, atau mungkin Anda sendiri yang punya ide, tapi belum dijalankan juga bisnisnya.

3. Tipe Investor

Orang yang mempunyai modal untuk membiayai bisnis baru yang berkembang, Investor ini bisa saja bagian dari Artis, pensiunan, profesional, atau orang yg dapat warisan besar :D, jika Anda mempunyai uang banyak, boleh coba jadi investor.

4. Tipe Konektor

Orang yang memiliki jaringan luas, biasanya si konseptor akan bertemu investor melaui konektor ini, konektor ini bisa perusahaan, perorangan/profesional, atau orang-orang hebat didalam komunitas.

Nah, tipe manakah diri Kamu sekarang ? berikut cara memetakan 4 tipe tersebut :

  • Di dalam bisnis online Anda tidak harus yang jago untuk menjadi (kontraktor) contoh Anda harus bisa programing, buat website, atau buat social media, tidak perlu, Anda cukup mengeluarkan uang untuk sewa jasa mereka dan Anda cukup mengerti konsep dasarnya saja dan mengerti fundamentalnya.
  • Sebaliknya Anda jika tidak mempunyai cukup uang, Anda bisa menjadi Kontraktor dan juga merangkap menjadi Konseptor, yang ahli dalam berbagai hal yang diperlukan di bisnis online dan bisa membaca peluang, sebagai contoh, Anda bisa membuat website, membuat kampanye social media, dan berhasil menjual barang-barang orang lain (dropship), Anda bisa bekerjsa sama dengan orang-orang yang memiliki modal.

Pada intinya segera mulai, jangan banyak alasan bahwa Anda tidak bisa, semua bisa dilakukan jika akal kita mencari jalan keluarnya, dan maju terus tanpa ragu. Dan satu hal yang paling mujarab bagi Anda yang merasakan gagal berulang kali dalam bisnis online, jika posisi ini terjadi sebaiknya temu langsung para guru/mastah yang benar-benar Anda percayai, karena sebuah ilmu lebih bisa diserap jika ketemu langsung dengan para ahlinya.

Sudah, sekian dulu sharing dari saya. Semoga tidak bingung lagi memulai bisnis online.

Bongkar Rahasia Bisnis Online? Daftar Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *