Perang Fitur SEO; Tantangan Baru Merebut Ranking #1 Search Engine

By | 21 August 2016

SEO Plugin

Hari ini merasa gemes dengan gaya mentor saya, di forum rujukan utama belajar bisnis online – Cafebisnis. Dimaklumi, karena sudah hampir satu tahun tidak update informasi di forum-forum bisnis online. Serasa kaget, ketinggalan jauh banget skill saya deh.., 🙂 jadinya tepar otak.

Mungkin itu ungkapan yang patut saya bagikan ke Anda, hampir 5 tahun berkelana dalam pembelajaran bisnis online dengan fokus “make money” namun selalu gagal meski sudah action berkali-kali.

Kekagetan saya, karena ada perubahan besar tentang teknik SEO yang saat ini diajarkan kepada para anggota premium di forum cafebisnis tersebut.

Cafebisnis adalah sebuah forum bisnis online yang sudah berdiri hampir 10 tahun, saya sendiri gabung di sana sekitar tahun 2010. Disana ada mentor dan ada anggota yang saling berbagi ide dan cara-cara bagaimana mendapatkan penghasilan dari internet.

Kali ini saya akan sharing kepada Anda, bagaimana pentingnya melakukan optimasi website atau toko online agar bisa terindeks secara otomatis di halaman pencarian (search engine). Salah satunya adalah dengan teknik Onpage SEO.

Ada sesuatu yang membuat saya kaget, yakni tentang optimasi SEO untuk WordPress, khususnya tentang Onpage SEO.

Bagi Anda yang sudah paham ilmu website, pasti tahu khan.. Bahwa optimasi SEO adalah salah satu teknik yang sangat penting untuk merebut ranking satu di halaman pencarian.

Nah.., Salah satu teknik Onpage SEO dalam WordPress adalah menggunakan plugin SEO dan yang paling populer di kalangan blogger dan internet marketer adalah “plugin Yoast” dan “plugin AIO”. kedua plugin ini seakan telah menjadi plugin wajib bagi pemilik website atau toko online.

Dan inilah menjadi tantangan baru bagi para pemilik website bisnis online, karena kedua plugin SEO tersebut terus bersaing sengit dalam hal pengembangan fitur-fiturnya.

Pilih mana? Yoast SEO atau AIO SEO.

Kedua plugin ini adalah dua plugin yang berbeda, namum memiliki fitur yang sama persis yakni untuk melakukan optimasi Onpage SEO. Keduanya sepertinya sedang panas-panasnya merebut hati para pemilik dan penikmat website, agar selalu terpasang di halaman dashboard website (backend).

Wow.., sepertinya semakin seru! mengingat kedua plugin ini diciptakan dua developer yang berbeda. Yoast yang menamakan dirinya “WordPress SEO” terus mengejar pendahulunya AIO yang melegenda dengan label “All In One SEO Pack”

Mohon maaf.., bagi Anda yang masih bingung dengan postingan ini. Karena sasaran pembacanya untuk kaum intermediete (mahir SEO). Dan memang tidak bicara teknis tentang optimasi SEO. Hanya sharing wacana saja. 🙂

Lanjut ke topik kedua plugin SEO.

Situasi ini sepertinya bakal menjadi kebingungan bagi pemula di dunia website, mau pilih yang mana? Atau dipasang kedua-duanya! Yang memang tidak dianjurkan oleh platform WordPress.

Saya disini tidak akan merekomendasikan salah satu, bahkan tidak mungkin menilai lebih baik yang mana Yoas atau AIO.

Saran saya untuk Anda yang masih belajar membuat website sendiri, pilih salah satu saja yang paling mudah pengaturannya. Pertahankan salah satu, sampai website Anda berhasil menduduki peringkat di mesin pencari Google.

Bila sudah familiar dengan salah satu plugin tersebut dan berhasil menjadikan websitenya rame pengunjung, silakan Anda bisa belajar salah satunya tapi di website baru. Jangan dipasang di web yang lama, karena nanti bisa terjadi penurunan jumlah pengunjung.

Namun bila Anda mau langsung menerima tantangan mencoba kedua-duanya di dua web yang berbeda, maka silakan langsung berkunjung dan pelajari keunggulan masing-masing.

Anda bisa berkelana mencoba Yoast SEO Vs AIO SEO Pack di link resminya:

https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/

https://wordpress.org/plugins/wordpress-seo/

Sebelum Anda mencoba kedua plugin tersebut, Alangkah baiknya lihat rekomendasi dari mentor saya (mas Lutvi / founder Cafebisnis).

Seperti bahasan di awal postingan ini, Anda perlu mendaftar menjadi anggota prfemium agar mampu meningkatkan skill SEO untuk kelola website.

Saran saya daftar dulu sebelum belajar banyak tentang plugin SEO. Belajar SEO di cafebisnis Anda akan dibekali ilmu website yang sangat mendalam dan berurutan.

Anda bisa dapatkan panduan dasarnya di Cafebisnis, langsung saja DOWNLOAD DISINI

Sebagai bahan perbandingan, saya berikan pengetahuan dasar untuk Anda agar bisa memulai menjalankan kedua plugin SEO di atas.

Tagline/slogan masing-masing plugin SEO tersebut adalah:

Yoast SEO: “Meningkatkan WordPress SEO: Menulis konten yang lebih baik dan memiliki situs WordPress sepenuhnya dioptimasi dengan Yoast SEO Plugin.”

AIO SEO Pack: “Plugin paling banyak diunduh untuk WordPress (hampir 30 juta download). Gunakan Semuanya dalam Satu SEO Pack dnegan otomatis mengoptimalkan website Anda di Search Engine.”

Itulah sepintas sharing sekaligus wacana bagaimana seharusnya memilih plugin SEO yang tepat untuk website WordPress Anda.

Bila postingan ini bermanfaat, silakan boleh dishare dengan tombol media sosial di bawah. Atau Anda mungkin ingin bertanya seputar website dan toko online, silakan bisa isikan komen di bawah halaman ini.  

Bongkar Rahasia Bisnis Online? Daftar Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *