Sukses Toko Online? Inilah 5 Langkah Rahasianya

By | 24 January 2016

toko online

Bisnis online itu mengasyikan, salah satu model bisnis yang dijalankan online di Internet adalah model toko online, populer dengan istilah Onlineshop. Banyak orang yang merasa newbie kesulitan untuk memulainya. Padahal jika sudah Action di lapangan online, maka kesulitan demi kesulitan akan dilalui dengan kemudahan. Rahasia mudahnya bangun Onlineshop akan ketemu, ngalir aja gituh..!

Maka jika kamu merasa ragu berbisnis di Onlineshop, mulai saat ini saya bisikan rahasianya. Niat dan action adalah modal paling utama. Modal uang? Abaikan dulu! Karena bangun toko online bisa dimulai dengan yang gratisan.

Berikut saya bisikkan 5 rahasia saya mulai bermain Onlineshop hingga menghasilkan puluhan juta per bulan hanya dari blog gratisan.

  1. Mulailah dengan Gratisan

Jika kamu baru mulai menjalankan toko online, janganlah membayangkan kamu punya ratusan produk kemudian kamu display di website yang rumit, sekali lagi buang jauh-jauh imajinasi tersebut, Bahaya! Kalau kamu membayangkan hal itu.

Mulailah dengan melakukan pembatasan jumlah produk dengan mendisplay satu atau beberapa produk saja yang paling laris di pasaran, yang paling mudah dijual dan mudah pengirimannya. Prinsip utama yang wajib kamu tampilkan dalam website toko online adalah identitas toko, nama pemilik, alamat toko, dan kontak telepon. Jangan lupa, tuliskan bagaimana cara order produk dan cara pengirimannya agar pengunjung toko online tidak kebingungan.

Jika kamu mulai merasa newbie banget, mulailah bangun toko online dengan blog gratisan. Saat ini penyedia blog gratis sangat banyak dijumpai yang paling populer adalah seperti Worpress, Blogspot dan Webly. Memang pada awal kelahiran ketiga blog tersebut kesannya haram di blog tersebut untuk jualan, tapi akhirnya ketiga penyedia blog tersebut semakin memanjakan penggunanya dengan memberikan fitur jualan yang sangat canggih. Maka segeralah manfaatkan.

Pola bisnis online model Onlineshop adalah yang terpenting display produknya nampak, bahasa promosi yang cukup menjual dan sering-seringlah berpromosi. Apalagi saat ini sudah jamannya media sosial dan blackberry, Facebook dan Twitter adalah yang diunggulkan. Bahkan keduanya sudah sangat canggih menyediakan fitur-fitur untuk berjualan produk kamu. Jangan gengsi, awali dan action dari yang gratisan dulu.

  1. Naik Level, Bermainlah di Marketplace

Apa sih Marketplace itu? Dari istilahnya saja sudah bisa tahu kan.., ya PASAR. Dalam bisnis online saat ini dikenal Marketplace, sebuah portal web yang sangat canggih di dalamnya berlaku sistem web yang menampilkan ratusan bahkan ribuan produk yang dipromosikan online 24 jam kepada pengunjung web. Pengunjung web ini bebas melakukan belanja online, tanpa dibatasi waktu. Hebatnya lagi sistem Marketplace ini sangat multi produk, apa saja orang mau beli di sana ada.

Website Marketplace memang diciptakan oleh orang-orang hebat yang sudah menguasai bidang IT dan Internet Marketing. Dibangun secara tim dalam satu perusahaan besar (Corporate), meski diawali online dari rumah. Jika kamu melihat iklan toko online di TV, dialah Tokopedia dan Bukalapak, kedua Onlineshop ini adalah yang telah merajai bisnis online di Indonesia. Keberhasilan Tokopedia dan Bukalapak telah membawa angin segar bagi para pelaku UKM berjualan secara online.

Biasanya dalam sistem Marketplace berlaku sistem kememberan akun, antara penjual dan pembeli wajib mendaftarkan akunnya secara sah agar bisa terjadi transaksi jual-beli. Hebatnya lagi, kenapa antara penjual dan pembeli bisa percaya bertransaksi karena berlaku sistem rekening bersama, dimana transaksi dijamin keamannya.

Rekening bersama ini di Tokopedia dan Bukalapak fungsinya menjembatani transaksi, saat terjadi transaksi uang pembelian itu mampir dulu di penyedia Marketplace tersebut, sebelum barang sampai kepada pembeli.

Enakkan.. Jadi dijamin tidak ada penipuan. Antara penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan. Selain itu, Tokopedia dan Bukalapak menyediakan fasilitas untuk komplain, jika ada yang merasa dirugikan. Dijamin Asyik.., sudah ayo Actionnya mana? Cepat lari kunjungi Tokopedia.com dan Bukalapak.com.

  1. Bangun Toko Online Mandiri

Langkah ini adalah langkah yang semakin menantang dalam bisnis toko online, karena kamu dituntut belajar ekstra untuk melakukan maintenance website secara mandiri. Kenapa diperlukan belajar, karena nantinya kamu menjadi owner yang memimpin dalam manajemen toko onlinenya. Langkah ketiga ini diperlukan investasi yang cukup banyak untuk menjalankannya.

Saya merekomendasikan menggunakan CMS WordPress, CMS adalah sebuah script web yang sudah didesain sedemikian rupa menjadi tampilan web yang siap dijalankan oleh user. Kenapa menggunakan WordPress? Karena CMS ini sangat user friendly, WordPress diciptakan agar setiap user mudah mengoperasikannya. Bila kamu ingin belajar yang sistematis dan detail, bisa memulainya bergabung di forum online Cafebisnis, ini link pendaftarannya Cafebisnis.com Di forum Cafebisnis tersebut, kamu bisa mulai belajar membuat toko online dengan WordPress.

Kenapa gabung Cafebisnis? Karena Cafebisnis akan membimbing kamu secara berurutan sesuai prefer dan passion kamu. Di forum itu kamu akan merasakan ilmu yang luar biasa, karena founder Cafebisnis orangnya ramah dan ganteng J ayo action mulai dari Cafebisbis

  1. Bangun Tim Penjualan

Jika kamu telah expert pada langkah ke-3 setidaknya fokus selama dua bulan fulltime, maka kamu sudah bisa membuat toko online sendiri. Sedangkan langkah ke-4 ini adalah kamu sudah memiliki web toko online berbayar, karena kamu sudah berlangganan domain dan hosting internet. Mengelola toko online sendiri pasti lebih keren, personal branding kamu pun mulai terlihat di forum-forum online, buktikan saja.

Nah, sambil mengelola web toko oline sendiri. Jangan tinggalkan Marketplace. Karena Marketplace adalah menjadi cabang toko online anda. Coba kamu lihat slogan Tokopedia “Punya toko online? Buka cabangnya di Tokopedia” hee..

Mengingat padatnya aktivitas di level ini, jika penjualan kamu laris manis dan kewalahan melayani customer maka sudah saatnya kamu membangun tim penjualan. Bagaimana caranya, saya rekomendasikan belajar kepada ahlinya tim penjualan. Belajarlah langsung dari Kang Dewa Eka Prayoga (Si Dewa Selling) atau jika kamu tidak sempat ikuti seminarnya, maka cukup baca bukunya. Bukunya bisa didownload disini http://yuk.bi/t21191, silakan download dan baca sampai tuntas dan rasakan dahsyatnya.

  1. Ciptalah Produk Sendiri

Jualan online akan kurang puas, jika hanya menjual merk produk orang lain. Langkah ini merupakan cara strategis mempertahankan sekaligus meningkatkan omzet toko online kamu. Kenapa kamu perlu menciptakan produk sendiri? Sudah pasti, jawabannya adalah personal brand kamu semakin bagus toko online pun semakin rame dikunjungi pembeli.

Menciptakan produk, bukan berarti kamu memiliki tempat dan mesin produksi sendiri. Cukup anda membuat merk atau brand baru produk-produk yang kamu jual kemudian cari orang yang mahir dalam hal produksi (pabrikan). Contoh kamu jualan baju muslim, buatlah nama merk sendiri kemudian cari kawan yang punya konveksi. Mintalah kawan kamu memproduksi busana muslim sesuai standar yang kamu inginkan. Lakukan lebeling pada busana yang diproduksi. Disini hanya diperlukan kemampuan membangun relasi bisnis. Dengan memiliki brand produk sendiri, maka toko online kamu semakin populer dan produknya pun memiliki standar yang bermutu dan berkualitas.

Itulah 5 rahasia yang bisa saya saya sharingkan, semoga bisa jadi petunjuk untuk action berbisnis. Langkah-langkah di atas hanyalah pengalaman pribadi belaka, hasil setiap action tentunya bisa berbeda sesuai dengan tingkat keseriusan. Silakan share dan komen jika ada kebingungan memulainya.

Bongkar Rahasia Bisnis Online? Daftar Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *