Tips Sukses Toko Online Busana Wanita

By | 4 January 2016

busana wanita

Bisnis fashion wanita dengan membuka toko online (online shop) terus menjadi booming, menjadi magnet baru industri garmen. Bisa dimaklumi, fashion dan busana wanita adalah salah satu industri inovatif yang tidak ada hentinya. Membuka toko baju di dunia maya ini akan menjadi faktor pendorong meroketnya industri garmen di Indonesia. Level bisnis industri perlengkapan kaum hawa ini pun beragam status, dari produsen langsung, distributor, agen hingga sistem dropshiping yang banyak dipraktekkan oleh pemain bisnis online.

Sukses berbisnis busana wanita dengan jualan di toko online, perlu menyiapkan aplikasi, strategi dan modal yang cukup untuk mengelolanya.

1. Pastikan model baju stok ready

Adanya stok yang siap kirim adalah faktor penentu untuk dapat dipercaya oleh calon pelanggan. Stok ready artinya baju yang dipasang di etalase toko online tersedia di tempat pemilik toko. Kalaupun menerapkan sistem dropshiping (broker), maka dipastikan pemilik toko online harus akses informasi secara fulltime dengan pihak produsen/distributor.

2. Bangun toko online berbasis WordPress

Membangun Web toko online tidak semudah mengelola website atau blog biasa, diperlukan optimasi yang ekstra. Dari pengaturan Web yang SEO friendly dan user friendly sampai intensitas di konten web. Jika Anda pemain pemula di bisnis toko online, saya menyarankan memilih platform CMS WordPress, karena WordPress memiliki kelebihan dalam SEO dan user Friendly.

Pelajari tips ini dengan baca topik “Membuat Web SEO dan User Friendly”. Untuk lebih jelasnya.

3. Insert foto asli model baju

Jika Anda telah memiliki toko online berbasis WordPress saatnya Anda rutin memperkaya konten web toko online. Konten utama tentu produk baju wanita yang Anda jual. Saya sarankan, Anda mengambil gambar asli produk yang ada. Karena produknya baju, maka perlu mengambil foto produk minimal 3 foto dengan posisi yang berbeda-beda (arah depan, samping dan belakang). Jika produk baju motif batik, fotolah motif dasarnya agar terlihat jelas.

Idealnya untuk pengambilan gambar busana menggunakan kamera DSLR, kalaupun tidak ada dengan kamera digital biasa atau dengan HP dengan pixel minimal 3MP. Untuk memaksimalkah hasil, aturlah pencahayaan ruang foto agar gambar terlihat jelas dan terang. Untuk menjaga tindakan pembajakan copy paste foto milik Anda, pasanglah watermaks dengan aplikasi gambar berbasis paint picture di komputer.

Penting! Jangan upload gambar produk sebelum Anda membuat deskripsinya, cara membuat deskripsi produk lihat tips selanjutnya.

4. Riset Keyword di Google Adword

Tujuan utama tips riset kata kunci di Google Adword adalah untuk mendukung deskripsi produk yang akan kita posting di toko online. Kenapa Google? Karena sebagian besar pengguna internet memburu informasi lewat website Google. Dan hebatnya Google sekarang telah menyediakan fitur gratis dan cerdas untuk melakukan riset kata kunci informasi, sehingga calon pelanggan yang kita bidik benar-benar tapat sasaran (targeted). Carilah 5 – 10 kata kunci yang

Anda bisa lebih fokus cara risetnya di artikel “Membidik Pelanggan dengan Google Adword”. Tapi lanjutkan dulu tips berikutnya agar tuntas memahami cara sukses toko online.

5. Posting deskripsi atau artikel di toko online

Setelah mendapatkan kata kunci untuk dibidik, selanjutnya memperkaya konten dengan menulis deskripsi produk yang cukup banyak di halaman web. Maksimal deskripsi sebaiknya 200 – 300 kata, padukan penulisan deskripsi dengan listing (biasa dikenal bullet/numbering). Deskripsi adalah kekuatan sangat penting, agar web toko Anda cepat terindeks di Google. Bagaimana jika tidak pandai menulis? Konsekuensinya harus mulai berlatih. Jika pengen instan, maka perlu sewa jasa penulis artikel berbayar, biasanya Anda perlu ongkos sekitar 20.000 hingga 50.000 per judul. Tergantung banyaknya kata dalam deskripsinya.

6. Identitas hidup pengelola toko

Identitas hidup maksudnya adalah profil pengelola toko online. Dengan profil hidup, maka calon pelanggan akan menilai usaha online yang Anda jalankan benar-benar serius dan terpercaya. Profil yang perlu Anda tampilkan adalah nama, alamat, npmpr telepon, WatsApp, PIN BB, nomor rekening, via pengiriman (JNE, TIKI, POS dan lainnya). Boleh juga menampilkan profil facebook, twitter dan Google Plus di website, agar menambah kepercayaan pelanggan dan bisa berkomunikasi lewat situs jaringan sosial tersebut.

7. Pastikan toko online user friendly

Meski bisnis online saat ini menjadi trend, orang rame-rame terpesona membangun web toko online, tapi tidak semua sukses dengan jualan produknya. Salah satu penyebab adalah mereka tidak serius mengelola web yang dibangun. Sebenarnya membuat toko online tidak perlu dengan tampilan mewah dan mahal, cukup dengan tampilan biasa seperti halaman blog saja sudah bisa membuat pelanggan percaya, yang penting adalah web yang Anda kelola sederhana dan mudah diakses. Bahasa sederhananya web tersebut cepat loadingnya dan tidak ada link yang error.

8. Beri kemudahan dalam transaksi

Tidak semua pelanggan melek IT, maka mudahkanlah pelanggan Anda dalam melakukan pembayaran. Apalagi di Indonesia, model toko online dengan sistem transaksi “Check Out” via email dan bank dibilang belum banyak yang familiar. Apalagi internet banking, waduh.. repotnya.., Orang masih nyaman pake mesin ATM dan konfirmasi SMS. Oleh karena itu meski web Anda dilengkapi fitur transaksi check out plus submit pengiriman barang, tapi jangan lupa tambahkan pemberitahuan cara bayar dan cara konfirmasi lewat SMS, karena lebih mudah dan cepat.

9. Packaging dan Shiping yang cepat

Tips terakhir yang juga berpengaruh, yakni suksesnya bisnis busana wanita dengan toko online adalah memilih jasa pengiriman (shiping) yang terpercaya. Untuk packaging, buatlah semenarik mungkin dengan menampilkan logo dan nama perusahaan, sehingga pelanggan semakin percaya.

Bagi Anda pemilik toko online silakan action optimasi toko online-nya dengan tips ini. Catat dan pahami, semoga dengan tips tersebut toko Anda semakin meningkat omzetnya.

Bongkar Rahasia Bisnis Online? Daftar Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *